• Web
  • This Blog
  • Sabtu, 03 September 2011

    Tips Memilih Pickup Gitar Elektrik

    Beikut adalah beberapa tips untuk memilih Pickup Gitar Elektrik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih dan menentukan Pickup :

    1. AKTIF ATAU PASIF
    Pickup Aktif memerlukan tenaga baterai untuk bisa berfungsi, menggunakan Potensio dengan ukuran 25 K, Colokan outputnya menggunakan TRS ( Tip Ring Sleve) atau biasa disebut dengan Jack Stereo yang sekaligus berfungsi sebagai On/Off untuk baterai didalam gitar.
    Sedangkan Pickup Pasif tidak memerlukan baterai untuk tenaganya & menggunakan Potensio ukuran 250 K atau 500 K, colokan outputnya Mono. Jadi bila sebuah gitar akan di rubah dari Picup Pasif ke Aktif atau sebaliknya perangkat yang ada juga harus menyesuaikan dan merubah wiringnya.


    2. DIGUNAKAN UNTUK POSISI NECK ATAU BRIDGE
    Ada 3 jenis Pickup dalam peruntukannya, untuk Neck, Middle, dan Bridge. Hal tersebut dikarenakan menyesuaikan karakter sebuah Gitar. Semakin mengarah ke bagian Bridge, suara yang dihasilkan semakin pelan, dengan karakter yang tajam dan kurang low/nge-bass. Sehingga Pickupnya pun didesain khusus untuk posisi bridge dengan output yang lebih besar dengan karakter suara bass ditambah dan karakter treble yang dikurangi. Di posisi Neck adalah sebaliknya dari yang ada di bagian bridge, karakter asli dari suara gitar di posisi neck sangat ngebass dan cenderung tumpul atau tidak treble, jadi pickup untuk posisi ini didesain tidak terlalu ngebass dan ditambahkan kadar treblenya. Jadi jangan sampai salah penempatannya yang akan membuyarkan suara gitar tersebut.

    3. OUTPUT
    Pabrikan pickup biasanya menyediakan 3 pilihan output : Hi, Medium dan Low. Pickup dengan output rendah biasanya akan menghasilkan sound yang cenderung lebih clean. Semakin besar outputnya semakin mudah pickup tersebut terdistorsi. Jika menyukai suara gitar yang distorsi makan pilihan biasanya jatuh ke pickup dengan Hi output, sedangkan untuk gitaris blues atau pop pilihan yang paling tepat menggunakan Mediun atau malah Low output. Apabila kita menggunakan lebih dari satu picup di gitar kita makan pilihlah dengan output yang sesuai yaitu : posisi bridge dengan output yang paling besar, posisi middle yang output medium dan untuk neck yang medium atau low output.

    4. MAGNET CERAMIC ATAU ALNICO
    Banyak sekali perdebatan mengenai kedua magnet tersebut diatas ada yang bilang ini lebih bagus, itu lebih bagus, semua belum terbukti kebenarannya. Dalam situs resminya Bill Laweence salah satu ahli dalam pickup gitar membahas pendapat yang menyatakan pickup ceramic bersuara Harsh (Tajam), disbanding yang bermagnet Alnico. Menurut dia ada banyak pickup bermagnet Alnico diluaran sana yang soundnya Harsh dan banyak juga yang bermagnet Ceramic yang soundnya bagus. Menurut dia magnet hanyalah bagian dari pickup. Dan desain dari pickup itu sendirilah yang menentukan soundnya. Untuk sebuah pickup yang bagus kita hamper tidak bisa membedakan magnet apa yang digunakan, tanpa membaca lembar spesefikasinya.

    5. HUMBUCKER DAN SINGLE COIL
    Humbucker pertama kali diperkenalkan oleh Gibson. Tujuannya adalah untuk meminimalisir  kadar noise. Pada mulanya humbucker selalu berukuran dua kali pickup single coil. Sekarang banyak banyak juga pickup berukuran single coil, namun sebenarnya adalah humbucker. Tujuannya adalah, bila gitar anda awalnya menggunakan pickup single coil, tapi anda menginginkan sound humbucker, maka cukup menggantikannya dengan humbucker yang berukuran single coil ini. Selain minim noise pickup humbucker juga memiliki sound yang lebuh tebal dan beroutput lebih besar disbanding kebanyakan single coil
    .
    REKOMENDASI PILIHAN PICKUP HUMBUCKER (KONFIGURASI HH) :

    Medium Output Dimarzio
    Bridge : Neck :
    PAF 36 th Anniversary PAF 36 th Anniversary (neck)
    Air Zone Humbucker From Hell
    Air Classic Bridge Air Classic Neck
    Norton PAF Joe
    Hi Output Dimarzio
    Bridge : Neck :
    Super Distortion PAF / PAF Pro
    Evolution Bridge Evolution Neck
    Tone Zone PAF Pro Neck
    D Activator-X Bridge D Activator-X Neck
    Medium Output Seymour Duncan
    Bridge : Neck :
    Seth Lover Model Antiquity Humb Neck
    59’ Model Bridge 59’ Model Neck
    Pearly Gates Bridge Pearly Gates Neck
    Antiquity Humb Bridge Antiquity Humb Neck
    Hi Output Seymor Duncan
    Bridge : Neck :
    Duncan Distortion 59 Model
    JB Model Jazz Model
    Custom 5 Pearly Gates
    Full Shred Alnico II Pro

    Sumber majalah audiopro edisi 01 januari-februari 2011/thn.XI

    0 komentar:

    Posting Komentar