• Web
  • This Blog
  • Minggu, 21 Agustus 2011

    Hobi Merakit Sepeda Fixie

    Cara Merakit sepeda Fixie

    Bagaimanakah Merakit Sepeda Fixie, mahalakah biaya yang anda keluarkan untuk sepeda fixie.. semuanya itu kembali kepada anda. sebenarnya tidak ada aturan baku dalam merakit sepeda fixie, anda bebas untuk mengapresiasikan sepeda fixie anda. itulah menariknya sepeda fixiedbandingkan MTB dan yang lain.

    dalam merakit fixie sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan anda untuk menggunakan sepeda balap lama, anda bisa menggunakan sepeda apa saja, untuk merakit atau membuat fixie.










    1. Yang harus anda perhatikan dalam merakit sepeda fixie adalah drop out , bagian kecil yang terletak di ujung rangka atau frame untuk lebih jelas lihat gambar




    2. Tipe drop out disamping bisa dijadikan sepeda fixie (fixed gear), kalo anda memiliki rangka beda seperti yang di samping.. pergi ke toko sepeda beli drop out seperti disamping bawa ke tempat las, di las sedikit jadi deh.

    setelah memiliki rangka dengan bentuk drop out seperti itu anda sudah bisa memulai merakit fixie..
    gambar berikut ini akan memandu anda untuk merakit sepeda fixie unik:





    setelah memilih frame adalah wheelset(satu set roda):
    wheelset sesuai gambar diatas terdiri dari : tire(ban), rim(velg), spoke(ruji), nipple spoke(pengunci ruji), gear cog/doltrap(untuk fixie), dan hub/bos.


    a. tire / ban
    .
        umumnya fixie menggunakan ukuran ban / roda 27 dan 700..notabenenya kebanyakan orang merakit fixie  dengan ukuran roda 700 kenapa. kebanyakan dari anda pasti melihat bahwa fixie identik dengan warna cerah hal itupun ditunjukan dengan warna ban yang cerah dan berwarna-warni. nah bagi anda yang kepengen fixie anda memiliki ban warna anda harus dengan terpaksa memilih roda ukuran 700, ban/tire bewarna tidak tersedia untuk ukuran 27.
        merk2 ban warna yang tersedia di pasaran  adalah(akan saya urutkandari yang kualitasnya bagus samapi yang jelek) : BAN CST, BAN DURO, BAN CHUNG YUAN, dan merek2 lain yang kualitasnya jauh dibawah 3 ban diatas. ukuran 27 lebih kebar dari ukuran 700. sepeda anda jadi nampak lebih tinggi.




        note: ban ukuran 700(sepeda fixie) sejatinya adalah sepeda dalan ruangan(lihat sejarah fixie diatas) yang digunakan dalam velodrome,. bila anda menggunakannya untuk berjalan2 di luar ruangan bersiap2 lah untuk rajin mengganti ban setidaknya 2 bulan sekali mengingat kondisi aspal yang jelek di indonesia.

    b. rims/velg :
        velg / rims fixie identik dengan felg yang lebar dan tebal, seperti kue donat. rims atau velg pun ada ukuranya, kebanyakan di pasaran disediakan velg atau rims untuk ukuran 700 berwarna-warni. sedangkan 27 agak sedikit langka jadi bila anda sudah memilih untuk menggunakan ban 27 dan velg 27 bersiap2 untuk menerima kesulitan mencari dan menemukan velgnya.
       ada beberapa merk velg dipasarn saking banyak sulit untuk disebutkan yang jelas semakin lebar/ semakin tebal velg itu semakin mahal, velg yang paling murah adalah araya besi(bentuk seperti velg tukang becak) yang kedua adalah shimano( tebal nya 2-3 cm), dst.

       note : hampir lupa ban dalam, belilah ban dalam sesuai dengan nama velg yang anda beli contoh MERK A, atau MERK B. karna semakin tebal velg anda, anda membutuhkan pentil khusu yang semakin panjang untuk ban dalam anda (umumnya ban dalam merk CST ukuran 700 panjang pentil 6m)

    c. nipple/ruji:
       setiap velg memiliki jumlah lobang yang berbeda.. jadi jumlah nipple yang akan dibelipun berbeda, baiknya anda membeli velg terlebih dahulu lalu membeli ruju, katakan jumlah ruji yang anda inginkan sejumlah velh merk A atau B..
      oh ya jangan lupa panjang ruji atauspoke mengikuti ukuran ban.

      note: sejumlah velg harus menggunakan nipple khusu(lebih panjang) jadi baiknya anda bertanya ke pemilik toko sepeda apakah velg yang anda beli membutuhkan nipple panjang atau tidak.

    d. hub atau bos
       hub atau bos adalah tempat anda meletakkan ujung-ujung ruji dan merupakan poros roda berputar


    Semoga berhasil :)

    0 komentar:

    Posting Komentar